Cari Tahu di Sini! Kebaikan Daun Bidara Dalam Perubatan Islam

Cari Tahu di Sini! Kebaikan Daun Bidara Dalam Perubatan Islam Bisa jadi banyak yang tidak duga, bidara atau sidr dapat bertambah besar di tempat gersang, terdapat duri, dan tampak kecil serta kaya arti. Pohon ini menimbulkan buah kecil dan juga bisa dikonsumsi.

Jenis Pohon bidara mempunyai daun kecil berwarna hijau berbentuk elips. Satu keunikan pada daun bidara yaitu dapat bertambah besar cepat setelah dipetik.

Selain buahnya yang dapat dimakan, daun bidara juga dikenal terdapat banyak faedah untuk kesehatan dan kecantikan. Bagi orang muslim, daun bidara juga biasa dipakai untuk terapi ruqyah mengusir jin. Lantas apa saja fungsi daun bidara? Berikut ulasannya.

Cari Tahu di Sini! Kebaikan Daun Bidara Dalam Perubatan Islam

Jenis Pohon bidara mempunyai bentuk yang mirip semak belukar sehingga biasanya akan ditebang oleh sebagian orang yang belum tahu tentang kemaslahatannya.

Padahal jika mereka mengetahui berbagai khasiat dari daun bidara, mereka tidak akan menebang dan bahkan bisa jadi memelihara pohon tersebut. Lalu apa saja kemaslahatan daun bidara? Baca ulasan di bawah ini.

‘Sakit Bulan’ tidak Lancar

Saat mengalami haid, Anda bisa menggunakan daun bidara untuk mandi. Saat haid hormon wanita biasanya tidak seimbang, oleh karena itu daun bidara membantu menyeimbangkan kembali.

Baik sekali Anda konsumsi daun bidara ini dengan cara minum ekstrak daun bidara, mandi dengan air bidara, atau mandi dengan sabun bidara. Cara ini juga pernah dilakukan oleh Asma’, putri Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam.

Asma’ pernah bertanya tentang cara mandi setelah haid, kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lalu Nabi bersabda; “Wanita itu bisa mengambil daun bidara dicampur air, lalu berwudhu kemudian mencuci kepalanya…” (HR. Abu Daud)

Baca juga: Sabun Bidara Ruqyah

Mengalami Keputihan

Keputihan biasanya menjadi salah satu permasalahan wanita yang mengganggu. Hal ini biasanya timbul akibat jamur membandel yang terdapat pada area intim.

Daun bidara memiliki kandungan zat yang juga sangat bagus untuk mengatasi keputihan wanita. Daun bidara ini bisa menghilangkan jamur nakal yang terdapat pada organ intim.

Gangguan Pada Pencernaan

Bagi Anda yang memiliki sakit maag atau gangguan pencernaan lainnya, tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi daun bidara, karena daun ini sangat baik untuk masalah lambung dan pencernaan.

Sesekali ditambah dengan jahe, maka menjadi ramuan Jahe Bidara yang Insya Allah sangat baik untuk meredakan berbagai masalah lambung dan pencernaan.

Menguatkan Nafsu Makan

Kurang nafsu makan bagi tiap orang merupakan sebuah masalah tersendiri. Persoalan ini biasanya juga berkaitan dengan masalah lambung atau pencernaan.

Sesuai dengan ulasan nomor 3 di atas, yaitu Daun Bidara Sangat Baik untuk Lambung, maka daun bidara juga sangat baik dipakai oleh orang yang kurang selera makan.

Dengan rutin mengonsumsi daun bidara – baik itu ekstrak atau yang sudah disinergikan dengan herbal lain – insya Allah nafsu makan akan kembali meningkat.

Muka Jerawat

Daun bidara memiliki antibakteri sangat baik untuk mengatasi masalah kulit. Karena itu daun bidara berkhasiat untuk meremajakan kulit, melindungi kulit dari sinar UV, dan juga bisa untuk mengatasi masalah jerawat.

Mengatasi Depresi

Sistem saraf tubuh bisa menjadi lebih tenang setelah mendapat sentuhan daun bidara yang sudah diracik. Oleh karena itu, tubuh dan pikiran terasa lebih rileks setelah mengonsumsi daun bidara (minum herbal atau mandi dengan sabun bidara).

Tidak hanya mandi dengan daun atau sabun bidara, setelah Anda meminum air rebusan daun bidara, hal tersebut juga berdampak baik bagi kesehatan.

Sulit Tidur

Saat mengalami gangguan berupa susah tidur, aktifitas esok harinya terasa sangat terganggu. Ingin kerja jadi malas, ibadah apalagi. Bayangkan bila gangguan susah tidur ini dialami anak Anda. Umumnya dia akan rewel ketika tengah malam, terutama bagi anak balita.

Sekarang Anda bisa lebih tenang, gangguan atau masalah tidur bisa teratasi dengan daun bidara; mandi dengan sabun bidara atau minum air rebusan (ekstrak) daun bidara.

Insya Allah faedah daun bidara sangat baik untuk merangsang sistem saraf menjadi lebih tenang dan rileks, sehingga tidur malam Anda menjadi lebih berkualitas.

Stamina Pria

Seorang pria ‘wajib’ memiliki kondisi tubuh yang selalu prima. Entah itu saat beraktifitas siang hari, atau malam hari saat di kamar bersama istri, hehehe.

Saat pria menjadi seorang suami, maka dia mutlak pelru kondisi tubuh yang baik untuk mencari nafkah di siang hari, atau bahkan membahagiakan istri di malam hari.

Daun bidara, jika diramu dan dikonsumsi dengan tepat, maka mempunyai khasiat untuk stamina pria. Ada ramuan daun bidara pada sebuah minuman, semisal Jahe Bidara, ini sangat baik untuk stamina di siang hari. Ada ramuan daun bidara menjadi sebuah Minyak Bidara, hal ini juga bisa digunakan untuk aktifitas malam hari bersama istri.

Rambut Bermasalah

Jika Anda mempunyai rambut yang kusam atau tidak sehat, maka bisa memakai air daun bidara untuk mengembalikan kesehatan rambut Anda. Daun bidara terlebih dahulu dihaluskan lalu dioleskan ke rambut seperti memakai minyak rambut.

Jika tumbukan daun bidara ini dioleskan secara rutin ke rambut, insya Allah rambut menjadi lebih sehat dan kuat.

Perawatan Jenzah

Kemaslahatan daun bidara biasa dipakai oleh umat Islam untuk memandikan jenazah. Contohnya saja ketika terjadi peristiwa wafatnya putri Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam yang bernama Zainab.

Saat itu yang memandikan jenazah putri Nabi adalah Ummu Athiyah radhiyallahu ‘anha. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyuruh Ummu Athiyah, “Cuci jenazahnya 3 kali, 5 kali, atau boleh lebih dari itu, jika menurutmu dibutuhkan, dengan air dan daun bidara.” (HR. Bukhari)

Terapi Ruqyah

Berbagai faedah daun bidara di antaranya untuk kesehatan, kecantikan dan bisa dipakai untuk ruqyah mengusir jin. Beberapa orang bahkan memberi julukan daun bidara dengan “si hijau yang dibenci jin”.

Daun bidara untuk ruqyah biasa digunakan oleh para ahli ruqyah ketika mengobati pasien yang “kesurupan”. Saat meruqyah, biasanya daun bidara akan dicampur air terlebih dahulu lalu digunakan untuk mandi, wudhu, atau disemprotkan ke rumah si pasien.

Jika Allah menghendaki, dengan kesholihan ahli ruqyah, dibantu bacaan ayat-ayat Al Qur’an, dan juga media air daun bidara, proses penyembuhan metode ruqyah bisa lebih maksimal.

Kesuburan dan Program Hamil

Daun bidara jika dipadukan dengan herbal tertentu, maka sangat berkhasiat untuk kesuburan dan program hamil bagi yang mendambakan buah hati. Herbal tersebut adalah Zuriyat.

Zuriyat Bidara, sangat baik untuk kesuburan baik suami atau istri. Herbal ini jika dikonsumsi maka akan merangsang sel reproduksi suami istri menjadi lebih berkualitas.

Baru sedikit yang bisa kami ulas terkait Cari Tahu di Sini! Kebaikan Daun Bidara Dalam Perubatan Islam, semoga ke depan bisa kami tulis lagi. Selain bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan, daun bidara sudah biasa dipakai untuk terapi ruqyah mengusir jin. Semoga artikel ini menambah pengetahuan dan bermanfat untuk kita semua, aamiin.

Beberapa produk yang terbuat dari daun bidara ada di sini; PRODUK BIDARA

Post terkait: